Tips Merawat Lensa

Lensa merupakan jendela bagi mata untuk melihat dunia luar. Lensa merupakan elemen terpenting untuk dapat menghasilkan gambar yang baik.

Beberapa langkah perawatan lensa  adalah sebagai  berikut:

  • Jangan menyentuh lensa secara langsung dengan jari. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, usahakan lens hood selalu terpasang. Lens hood juga akan melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal  menuju lensa.
  • Pasang lens cap ketika lensa sedang tidak dipergunakan, hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan terpapar dan menempelnya debu pada permukaan lensa.
  • Jika kegiatan membersihkan lensa diperlukan, maka mempergunakan peralatan pembersih yang baik sangat dianjurkan. Selalu pergunakan lens brush, lens blower , lens paper dan lens cloth yang baik.
  • Jika mengganti lensa saat foto hunting diusahakan seminimal mungkin . Jika terpaksa carilah tempat teduh atau yang tidak banyak debu (misalnya dalam mobil atau tenda).
  • Usahakan untuk tidak  menyentuh bidang belakang lensa atau pin konektor pada lensa

Berikut beberapa langkah membersihkan lensa:

  1. Bersihkan bagian depan dan belakang lensa dengan lens blower terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghilangkan partikel debu yang menempel. Jangan langsung membersihkan lensa dengan lens cloth ataulens paper sebab partikel debu yang ikut tergosok akan menyebabkan permukaan coating lensa akan tergores. Hal ini dapat berakibat munculnya gangguan permanen pada hasil foto.
  2. Beberapa partikel debu yang masih tetap menempel dapat juga dihilangkan dengan bantuan lens brush.
  3. Selanjutnya usap lensa secara lembut dan perlahan dengan lens cloth/ lens paper kering dengan gerakan memutar dari bagian dalam lensa menuju keluar.
  4. Jika dibutuhkan, cairan pembersih lensa/ lens cleaning fluid khusus dapat dipergunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran lensa yang agak membandel. Jangan meneteskannya langsung pada lensa, teteskan pada lens paper terlebih dahulu, lalu usap perlahan pada bagian lensa

Pertolongan pertama pada lensa yang kotor jika Anda tidak membawa perlengkapan yang cukup (alias amatir) :

  1. Jangan melepas lensa karena bagian belakang lensa tertutup rapat dari debu. hanya bagian depan lensa saja yang sering kotor. Carilah Tisue kering dengan kualitas baik yang bertekstur lembut dan tidak mudah sobek dan tidak menginggalkan serbuk halus (seperti Paseo). Jangan Tisue Basah atau Tisue parfum.
  2. Tuangkan sedikit Aqua atau air mineral ke Tisue (jangan terlalu basah). Air akan membuat debu pada lensa menjadi basah dan tidak kering .
  3. lalu Usap lensa dengan gerakan satu arah dari bagian dalam lensa ke luar dengan tissue setengah lembab. keringkan langsung dengan Tisue kering . (Noda Minyak akibat jari tangan tidak dapat larut dalam media hanya noda debu/partikel halus saja).
  4. Tips ini menjadi lebih baik jika membawa cairan pembersih kaca (penetral noda minyak dari jari tangan dan debu) . Tips ini hanya bersifat pertolongan darurat saja tidak untuk perwatan lensa secara berkala.

Pertolongan pertama dari pemakaian kamera setelah hunting di lokasi yang berdebu (padang pasir, atau debu vulkanik):

  1. setelah pemakaian memang diperlukan tekanan angin yang cukup untuk mengusir debu dari lensa.
  2. Kompresor listrik dapat digunakan atau kompresor angin tenaga bensin sebagai pengganti blower.
  3. Pertimbangkan tekanan angin jangan lebih besar dari 30psi atau 2 bar. Tekanan angin berlebih akan membuat debu terdorong ke dalam sela2 switch atau variabel mekanik motor pada zoom atau fokus lensa.jangan melepas lensa dari body. Bagian belakang lensa tidak perlu dibersihkan karena tertutup rapat. Angin diarahkan pada bagian yang akan dibersihkan dengan jarak 15 Cm. Jangan terlalu dekat. dibersihkan dengan dibantu kuas lembut.
  4. Kompresor kecil sebagai alternatif yaitu kompresor mini untuk mobil dengan bantuan akki. Selain lebih aman karena tidak ada uap air juga lebih praktis dapat dibawa kemana-mana.
  5. setelah bersih baru dimasukkan dalam tas kamera.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.