TIP MEMBERSIHKAN SENSOR / HOT MIRROR CAMERA

Untuk menghasilkan sebuah karya foto kita tidak semata² di tunjang oleh lensa dan body kamera yg bagus, tetapi kebersihan SENSOR atau HOT MIRROR sangat di butuhkan.

Lalu bagaimana ciri-ciri SENSOR atau HOT MIRROR kamera kita Kotor ??? Pasang lensa di kam…era, Pasang Batre dan nyalakan kameranya hahahaha Sett kamera di Mode Program M atau manual Setting Diafragma di f 13 keatas (tergantung kondisi lapangan) yg jelas harus f8 keatas Ambillah Gambar Langit, kalau bisa jgn yg berawan. Atau Ambil gambar kertas polos berwarna Putih atau merah atau biru dll (jgn yg berwarna hitam) Jika hasil foto kita ada bintik-bintik hitam coba ganti lensa dan ulangi langkah diatas. Jika masih ada dan lokasi kotornya sama berarti sensor (hot mirror) kita kotor. Tetapi jika bintik hitamnya pindah kemungkinan lensa kita yg kotor.

Alat yg wajib kita butuhkan dalam membersihkan Sensor adalah BLOWER (peniup)

Berikut Tutorial membersihkan Sensor (hot Mirror)

Sering kali kita mengatakan SENSOR KAMERA kita Kotor padahal bagian yang kotor tersebut bukan lah sensor kamera, tetapi HOT MIRROR yang berfungsi utk memfilter sinar yang akan masuk menuju sensor

Pastikan Batre Kamera dalam Kondisi Full Lepas lensa kamera lalu nyalakan kamera Setting kamera di Manual Sensor Clening Setelah cermin terangkat secara otomatis balik kan posisi kamera dimana bagian Mount yg terbuka menghadap ke bawah Ambil Blower dan tiupkan Blower tersebut beberapa kali. Ujung blower usahakan jangan masuk ke bagian dalam cukup sampai ujung mount saja Matikan kamera dalam posisi masih menghadap ke bawah. Pasang lensa dan lakukan test seperti diatas. Ulangi Proses ini beberapa kali sampai Bercak-bercak hitam pada hasil foto kita hilang. Namun jika ternyata hasil foto kita tetap ada Bercak-bercak (noda) hitam membandel ada 2 pilihan.

1. Bawa ke service Center

2. Bersihkan secara Extrim

Secara Teori HOT MIRROR itu keras, jadi dia tidak akan tergores dengan mudah kecuali terkena benda keras yg tajam.

MEMBERSIHKAN SENSOR atau HOT MIRROR Secara Extrim

Proses ini dilakukan jika langkah memblow Sensor (hot Mirror) tidak berhasil, Karena ada beberapa Debu yg suka tidak bisa hilang walau sudah di Blow. Hal ini biasanya Debu yg didiamkan terlalu lama atau Debu Basah yg menempel di Sensor (hot Mirror)

Peralatan tambahan yg di butuhkan

1. Katend but ( kapas korek kuping ).

2. Gunting

3. Senter

4. Blower

Langkah membersihkannya

Ambil korek kuping yg kapasnya tebal. Usahakan jangan memegang Kapasnya supaya Minyak atau keringat di tangan kita tidak menempel di Kapas. Gunting sedikit ujung-ujung kapas yg menonjol Blower korek kuping tersebut untuk melepas kapas yg tidak menempel dengan baik. PASTIKAN BETUL-BETUL BATRE Kamera dalam keadaan Full. Lepas lensa kamera lalu nyalakan kamera Setting kamera di Sensor Clening Setelah cermin terangkat secara otomatis letakkan kamera di tempat yg lembut dengan kondisi mount menghadap keatas. Ambil senter dan korek kupingnya. Kuaslah secara perlahan (JANGAN MENEKAN) Sensor (hot mirror) mulai dari ujung atas ke samping secara merata. Ambil Blow dan angkat kamera sambil membalik kamera dengan MOUNT kamera menghadap ke bawah. Blow lah beberapa kali. Langkah ini untuk menghilangkan debu atau kapas yg mungkin tertinggal. Matikan kamera lakukan Test Jika ternyata hasil foto belang atau ada garis-garis JANGAN Panik. Ulangi lagi pembersihan seperti langkah diatas dengan mengganti kapas korek Kupingnya.

CATATAN.

1. JANGAN Menggunakan Cairan Alkohol karena kita tidak tau reaksinya terhadap Hot Miror .

2. Jangan Menekan

3. Pastikan Korek Kupingnya di tutupi kapas dengan baik.

4. Jangan Mengangkat cermin secara manual

 

(dikutip dari artikel oleh M. Yoddy di forum FNers Palembang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s