CAP GO MEH 2012

This slideshow requires JavaScript.

Cap Go Meh merupakan event tahunan bagi warga Tionghoa. Di Indonesia sendiri pusat kegiatan Cap Go Meh dilaksanakan di dua tempat yaitu di Singkawang – Kalimantan dan di Pulau Kemaro Palembang. Dari pusat kota Palembang, Pulau Kemaro bisa dicapai tak sampai setengah jam. Pada hari biasa, pengunjung harus menyeberang dengan perahu untuk mencapai Pulau Kemaro.

Pada Cap Go Meh 2012, panitia sudah mengantisipasi 150 ribu pengunjung yang diperkirakan hadir di Pulau Kemaro. Dipusatkan pada tanggal 4-5 Februari 2012, ada beberapa barge alias kapal ponton yang dijajarkan membentuk jembatan menuju Pulau Kemaro.

Pulau Kemaro lekat dengan legenda Siti Fatimah dan Tan Bun An. Secara historis, banyak cerita yang melekatkan penduduk setempat dan penduduk Tionghoa. Di hari biasa, kelenteng  dan pagoda 9 lantai di sebelahnya sudah jadi salah satu tempat tujuan wisata penting setelah Jembatan Ampera.

Puncak acara Cap Go Meh dimeriahkan dengan dentuman kembang api yang mewarnai langit malam itu.

Saya memotret aktifitas Cap Go Meh malam itu menggunakan camera Canon EOS 7D dengan lensa 24-70mm EF f/2.8L USM dan EF 70-200mm /2.8L USM. ISO yang digunakan berkisar antara ISO 800 – ISO 3200 mengingat keadaan malam hari dengan cahaya yang kurang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s